Apakah Turnamen MotoGp Mandalika 2022 Tetap Digelar di Tengah Situasi Covid-19? Ini Kata Sandiaga Uno

- 21 Januari 2022, 09:05 WIB

PORTALMALUKU.COM —  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan gelaran MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), akan tetap berlangsung.

Namun turnamen itu, kata Sandiaga, harus dibarengi dengan penerapan koridor perjalanan antarnegara selama pandemi Covid-19 berupa travel bubble untuk seluruh kru, pebalap, dan ofisial yang terlibat.

“Jadi kami sudah menyampaikan bahwa the show must go on dengan menyiapkan travel bubble yang merupakan best practice yang selama ini dilakukan terhadap kru dan pebalap pada acara serupa sebelumnya," kata Sandiaga dinukil dari siaran pers Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo yang diterima Kamis malam kemarin.

Baca Juga: Ridwan Kamil Disoroti Usia Jokowi Ungkap Kriteria Kepala Otoria IKN, Ini Sikap dan Rekam Jejak Arsiteknya

Menurut Sandiaga, tak ada perlakuan khusus terhadap pebalap, kru, maupun ofisial yang akan berpartisipasi di gelaran balap motor paling bergengsi dunia tersebut.

"Semua orang yang datang dari luar negeri akan menjalani pola travel bubble," kata Sandiaga.

Soal langkah travel bubble ini juga sudah diujicobakan dalam persiapan perhelatan G20 di Bali dan di Jakarta pada Desember 2021 lalu, serta gelaran World Superbike (WSBK) 2021.

Bahkan, persiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) perjalanan antarnegara tersebut, akan ditingkatkan agar tidak memicu potensi kasus penyebaran COVID-19 baru yang diakibatkan oleh varian Omicron.

Baca Juga: PROFIL dan 11 Fakta Menarik Putri Tanjung, Anak Konglomerat Chairul Tanjung yang Trending di Twitter

“Ini arahan dari Presiden (Jokowi) juga. Saya yakin semua pihak bergandengan tangan untuk menyiapkan dan memastikan bahwa MotoGP ini sinyal kepada dunia tentang kesiapan kita untuk menyelenggarakan event internasional, seperti G20 dan konferensi internasional lainnya,” tutur Sandiaga.

Perihal keberatan pihak pemegang hak komersial MotoGP (Dorna Sport) terhadap penerapan prokes ketat untuk kru, pebalap, dan ofisial, Sandiaga menuturkan, pola travel bubble ini disiapkan dengan penuh kehati-hatian dan kewaspadaan.

Menurut Sandiaga, panitia penyelenggara MotoGP lokal telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, melalui Satuan tugas (Satgas) Covid-19, berdasarkan prioritas pemerintah untuk pengendalian virus corona tersebut. ***

Editor: Irwan Tehuayo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x