Profil dan Biodata Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis Indonesia yang Kalahkan Rangking 1 Dunia di Uber Cup 2022

- 12 Mei 2022, 04:00 WIB
Mesia mancanegara beritakan Bilqis Prasista usai kalahkan peringkat satu dunia Akane Yamaguchi
Mesia mancanegara beritakan Bilqis Prasista usai kalahkan peringkat satu dunia Akane Yamaguchi /@bilqisprasista

PORTALMALUKU.COM -- Atlet bulu tangkis Indonesia, Bilqis Prasista kini sedang menjadi perhatian publik usai tampil memukau sekaligus mengejutkan dalam laga Uber Cup 2022, berikut profil dan biodatanya.

Seperti yang diketahui, Bilqis Prasista yang merupakan atlet bulu tangkis asal Indonesia ini berhasil menyumbangkan poin dengan permainan apiknya pada Uber Cup 2022.

Selain itu, Bilqis Prasista secara mengejutkan mampu tumbangkan pemain tunggal nomor satu dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi pada partai pertama laga terakhir grup A antara Indonesia vs Jepang, pada Rabu, 11 Mei 2022.

Lewat kemenangan ini pula Bilqis Prasista tak hanya menambah catatan prestasinya di bulu tangkis, tapi juga sekaligus menyumbangkan poin pertama untuk Indonesia saat berhadapan dengan tim Negeri Sakura.

Tampil memukau di lapangan, rupanya  Bulu Tangkis bukan sesuatu yang asing bagi Bilqis Prasista karena kedua orang tuanya merupakan atlet yang pernah mengibarkan merah putih di pentas dunia pada era 1990-an yakni Joko Supriyanto dan Zelin Resiana.

Baca Juga: Dituding Jadi Penyebab Oka Mahendra Putra Bunuh Diri, Awkarin: Gue Benar-Benar Merinding

Nah, untuk Anda yang penasaran dengan sosok Bilqis Prasista, berikut profil dan biodatanya, dirangkum Portal-Maluku.com dari berbagai sumber.

Profil Bilqis Prasista

Bilqis Prasista merupakan atlet bulu tangkis Indonesia kelahiran Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003, yang merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Melihat kehebatannya, terlihat jelas darah bulu tangkis ini sudah mengalir dalam diri Bilqis Prasista yang mendapat bakat dan keinginan menjadi atlet dari kedua orang tuanya mantan pemain pelatnas di era 90an.

Salah satu prestasi tertingginya orang tuanya yaitu sang ayah, Joko Suprianto pernah menjadi juara dunia 1993 di tunggal putra. Sementara Zelin Resiana juga aktif di medio 90an dan masuk dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Dikabarkan ternyata Bilqis mempunyai saudara kembar yang memiliki nama hampir sama yaitu bernama Bilqis Pratista yang sama-sama bermain bulu tangkis dan masuk klub PB Djarum pada 2018. Namun baru Bilqis Prasista yang berhasil menembus pelatnas PBSI.

Bilqis bergabung dengan PBSI pada 2020. Dirinya mampu menyita perhatian tim pelatih di PBSI setelah menjuarai berbagai gelar bergengsi.

Yang di mana sebelum masuk Cipayung, Bilqis menampilkan prestasi sebagai juara Sirkuit Nasional Sumatera Selatan Open 2019 dan juara Jakarta Junior International Series 2019.

Prestasi Bilqis di ajang internasional tak kalah mentereng yakni runner up Denmark Junior 2021, semifinalis Finnish Junior 2021, semifinalis Bangladesh International Challenge 2021, juara Bangladesh Junior International Series 2021, serta turut menjadi bagian juara Badminton Asia Team Championship 2022.

Sedangkan Prestasi terbaru Bilqis yakni menjadi bagian tim Indonesia yang menjuarai ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022.

Baca Juga: Profil dan Biodata Caisar YKS yang Viral Gegara Dituding Pakai Narkoba saat Live TikTok

Terkini, Bilqis menjadi bagian dari tim Indonesia di ajang Thomas dan Uber Cup2022 di Thailand. Dalam tiga laga yang ia lakoni, Bilqis selalu berhasil menyumbang angka bagi Indonesia.

Dengan usia yang masih muda, Bilqis layak menjadi harapan bersama Komang Ayu Cahya Dewi Putri Kusumawardani, dan pemain-pemain tunggal putri lain.

Tantangan menjadi juara seperti kedua orang tuanya akan hadir dalam langkah Bilqis Prasista di masa depan.

Biodata Bilqis Prasista

Nama lengkap: Bilqis Prasista

Nama panggilan: Sista

Tempat lahir: Magelang

Tanggal lahir: 24 Mei 2003

Usia: 19 Tahun

Sektor: Tunggal Putri

Tangan dominan: Kanan

Nama Orang Tua: Joko Supriyanto (ayah) dan Zelin Resiana (ibu)

Klub: PB Djarum

Ranking BWF: 332 (Update 3 Mei 2022)

Aku Instagram: @prasistab_

Baca Juga: Hepatitis Misterius Masuk Indonesia, Ini Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

Prestasi Bilqis Prasista:

1. Juara Bangladesh Junior International Series 2021 (tunggal putri)

2. Semifinalis Bangladesh International Challenge 2021 (tunggal putri)

3. Semifinalis Finnish Junior 2021 (tunggal putri)

4. Runner up Denmark Junior 2021 (tunggal putri)

Halaman:

Editor: Irwan Tehuayo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x