Valentino Rossi: Aerodinamika Membuat Motor Lebih Menguras Fisik

- 8 Juli 2021, 14:09 WIB
Aramco Racing Team VR46 Valentino Rossi akhirnya secara resmi mengkonfirmasi kesepakatan untuk masuk Ducati MotoGP 2022
Aramco Racing Team VR46 Valentino Rossi akhirnya secara resmi mengkonfirmasi kesepakatan untuk masuk Ducati MotoGP 2022 /Instagram/@valeyellow46

PORTALMALUKU.COM -- Malang melintang di kategori tertinggi MotoGP sejak musim 2000, hampir semuanya sudah dicoba oleh Valentino Rossi. Sebut saja motor 500cc, 990cc, 800cc, sampai 1000cc. Motor dua dan empat tak dengan mesin V4, inline4, dan V5. Honda, Yamaha, dan Ducati.

Bukan hanya tunggangan dari berbagai era, berbagai elemen penting motor MotoGP juga sudah dicicipi.

seperti elektronik pabrik dan Standar, ban Michelin dan Bridgestone, sampai era spoiler dan teknologi canggih seperti perangkat holeshot dan ride-height, semuanya sudah dicoba oleh The Doctor.

Baca Juga: Dorna Sports Rombak Jadwal Musim 2021, Imbas Pembatalan MotoGP Australia

Perangkat terbaru yang dirasakan Valentino Rossi adalah sistem aerodinamika. Ada banyak dugaan atau prediksi mengenai fungsi dari perangkat aerodinamika ini.

Mulai dari membantu aliran udara, meningkatkan downforce pada ban belakang, hingga menghilangkan efek slipstream untuk pebalap di belakang.

Namun, menurut Valentino Rossi aerodinamika telah membuat motor MotoGP lebih menuntut fisik. Tetapi, kata Rossi,perubahan gaya berkendara lebih dipengaruhi ban dan rem.

Setiap perubahan teknis tentunya membutuhkan adaptasi dalam gaya berkendara. Rossi menegaskan bahwa dasar-dasar ban dan rem lebih memiliki dampak terbesar pada teknik berkendara modern.

Baca Juga: UPDATE Kode AFK Arena Terbaru Juli 2021: Dapatkan 8888 Hero Coins hingga 888 Diamonds Gratis

Halaman:

Editor: Yusuf Samanery

Sumber: Crash


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x